Era digital seperti saat ini adalah panggung bagi para kaum Millennials, yaitu orang-orang yang hidup bersama teknologi informasi. Mereka melakukan aktivitas sehari-hari seperti belajar, bekerja, hingga bergaul dengan memanfaatkan teknologi informasi. Berkat teknologi tersebut, hidup mereka menjadi sangat dinamis, cepat, terbuka, dan saling terhubung.

Dari segi bisnis, para Millennials juga menjadi pasar yang potensial. Menurut Dosen Psikologi Universitas Indonesia (UI), Ivan Sudjana M.Psi, seperti dikutip dari tempo.co, Millennials adalah generasi yang konsumtif dan tidak bisa dilepaskan dari kemudahan berbelanja.

Meskipun begitu, tak mudah untuk menggaet mereka, mengingat ketatnya persaingan bisnis di era digital. Maka dari itu, banyak hal yang harus diperhatikan pelaku bisnis untuk memenangkan persaingan itu, misalnya;

Update Informasi
Untuk menggaet Millennials, butuh langkah cepat agar bisa mengikuti gaya hidup mereka yang dinamis. Oleh karena itu, setiap pelaku bisnis dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru, khususnya yang berkaitan dengan para millennials agar bisa selalu dekat dengan mereka. Misalnya informasi tentang aplikasi yang sedang digandrungi Millennials, tren ter-update, hingga genre musik paling baru dan disukai. Informasi ini sangat berguna untuk memahami keinginan mereka sampai mengetahui cara berkomunikasi dengan mereka.

Terus Berinovasi
Millennials sangat menyukai hal baru dan banyak pelaku bisnis mengetahui itu. Untuk itu, bisnis yang terus berinovasi memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menjadi yang terdepat dibanding para pesaingnya. Contohnya seperti inovasi T-Cash yang ditawarkan Telkomsel untuk konsumen yang gemar mencari diskon.

Memiliki Fasilitas
Seperti yang dijelaskan diatas, Millennials sangat menyukai kemudahan berbelanja. Maka dari itu, pelaku bisnis wajib memberikan segala kemudahan itu agar mereka mau membeli. Salah satunya dengan menyediakan teknologi yang memudahkan mereka dalam melakukan transaksi. Fasilitas itu bisa disediakan dalam bentuk aplikasi seperti Paybill atau Smartbill Paybill adalah aplikasi multibills single payment yang memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran berbagai tagihan hanya dalam sekali bayar, serta bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Sedangkan Smartbill adalah aplikasi yang sedang dikembangkan PT. Paybill Indonesia untuk memudahkan para biller/pelaku bisnis untuk mengelola informasi tagihan pelanggan sampai melakukan penagihan. Dalam Smartbill, ada juga fitur reminder yang bisa diatur oleh pelanggan untuk mengingatan tanggal jatuh tempo dari tagihan yang dimiliki.

Selalu Menjaga Kualitas
Meskipun sering dianggap malas karena terlalu mengandalkan teknologi, tapi sebenarnya Millennials adalah generasi yang selalu belajar dan mencari tahu. Pun saat mereka berbelanja. Mereka akan mencari tahu kualitas produk dan penjualnya terlebih dahulu. Jika Millennials menemukan review yang buruk terkait produk tertentu, jangan harap mereka akan membelinya. Millenials juga cenderung “cerewet”. Mereka tak akan segan membagikan pengalamannya saat berbelanja. Jika mereka mengalami pengalaman buruk, maka pengalaman itu akan diketahui banyak orang, begitu juga sebaliknya.

SDM
Seluruh poin di atas bisa terlaksana kalau sebuah bisnis memiliki SDM yang mau belajar, terbuka terhadap hal baru, selalu berinovasi, dan berintegritas tinggi. Tentunya hal itu harus dimulai dari pemilik bisnisnya sendiri.

 

sumber : paybill.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =

Siap menjadi pengguna ONPAYS®?