Sebelum membeli polis asuransi, sebaiknya cari tahu terlebih dulu istilah-istilah dalam asuransi yang akan sering Anda jumpai, di antaranya:

1. Apa itu ‘Underwriting (Penjaminan)’?
Underwriter bertugas membuat underwriting yang berfungsi untuk mengevaluasi, menyeleksi, bertanggung jawab dalam hal menilai dan menafsirkan sebuah risiko asuransi.

2. Apa itu ‘Premi’?
Sejumlah uang yang wajib dibayarkan dari pihak tertanggung (nasabah) kepada pihak penanggung (perusahaan asuransi) dengan memperhatikan keadaan dari pihak tertanggung.

3. Apa itu ‘Polis Asuransi’?
Polis asuransi sering disebut juga kontrak asuransi atau perjanjian asuransi antara tertanggung dan penanggung serta dokumen lainnya yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan perjanjian asuransi tersebut

4. Apa itu ‘Masa Tenggang dan Masa Tunggu’?
Masa tenggang adalah periode waktu setelah tanggal jatuh tempo premi lanjutan yang mana premi masih dapat dibayarkan tanpa dikenai bunga. Sedangkan masa tunggu dalam asuransi adalah periode tertentu setelah polis diterbitkan yang mana biaya kesehatan nasabah tidak dijamin oleh polis. Masa tunggu ini lamanya adalah enam bulan hingga dua tahun dan hanya berlaku untuk biaya kesehatan karena penyakit bukan karena kecelakaan.

5. Apa itu ‘Lapse’?
Polis asuransi dalam keadaan tidak aktif atau sedang dalam masa tenggang akibat tidak membayar premi, biasanya 45 hari setelah keterlambatan. Polis yang lapse dapat diaktifkan kembali jika nasabah membayar premi selama dua bulan.

6. Apa itu ‘Rider’?
Rider asuransi sering disebut juga asuransi tambahan. Rider akan ada jika nasabah membeli asuransi dasarnya. Rider asuransi bertujuan untuk pelindung keluarga dalam kondisi situasional.

7. Apa itu ‘Aktuaris’?
Seseorang yang ahli dalam bidang matematika dan stastika serta memiliki tugas menentukan biaya premi beserta risikonya, membuat estimasi atas risiko yang akan atau telah dijamin, dan menggunakan beberapa metode dalam perhitungan.

8. Apa itu ‘Anuitas’?
Berdasarkan teori keuangan anuitas adalah suatu rangkaian penerimaan atau pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu tertentu. Sedangkan dalam asuransi berupa kontrak di mana perusahaan asuransi membayar kepada nasabah secara berkala sebagai imbalan premi yang telah dibayar

9. Apa itu ‘Automatic Premium Loan (Pinjaman Premi Otomatis)’?
Pinjaman premi yang diberikan oleh penanggung untuk membayar premi yang tertunda dengan cara mengurangi nilai tunai

10. Apa itu ‘Policy Loan (Pinjaman Polis)’?
Pinjaman polis atau gadai polis dapat diakses oleh nasabah yang telah memiliki nilai tunai dalam perhitungan akumulasi preminya. Seorang pemegang polis yang membutuhkan uang tunai untuk jangka waktu sementara dapat mengajukan permohonan untuk memperoleh pinjaman polis terhadap nilai pertanggungan dari polis tersebut. Pengenaan bunga mulai dihitung pada tanggal berlakunya pinjaman polis.

 

sumber: paybill.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =

Bergabung menjadi pengguna ONPAYS?